Welcome

Jumat, 01 Juli 2011

Tips Meramaikan Blog/Web



Bagi Anda yang telah malang melintang di dunia Internet Marketing Indonesia tentu SEO atau Search Engine Optimization ini tentu sudah tak asing lagi.  Sedangkan bagi yang masih belum familiar maka untuk pembuka saya sebut saja dalam bahasaIndonesia SEO sebagai Usaha Mengoptimalkan Rangking di Google misalnya agar jika website Anda sering ketemu atau bahkan selalu ketemu ketika orang mencari suatu kata di Google.

Jika website anda sering ketemu maka akan banyak pengunjung yang datang dari sana, jika banyak pengunjung maka penjualan anda bisa meningkat, jika penjualan anda meningkat maka Anda akan mendapatkan lebih banyak uang.
Ok, mari kita lanjutkan.
Dengan menguasai SEO dan menang dalam persaingan SEO, maka Anda akan dibantu oleh banyak robot-robot seach engine untuk mendatangkan pengunjung keblog Anda. Mereka akan bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda, dengan setia, tanpa minta upah. Jika website Anda ramai dan Anda pandai pula untuk mengolah pengunjung yang datang tersebut menjadi pembeli maka Anda akan menjadi salah satu pemain internet marketing Indonesia yang sukses dan kaya. Anda mau begitu kan?
SEO ini sendiri memerlukan waktu dan kesabaran yang tinggi, banyak usaha yang perlu Anda lakukan, itu akan memerlukan kerja yang lumayan keras, waktu yang bukan sehari semalam, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi untuk suskes melalui jalur ini. SEO dapat dikatakan usaha untuk meningkatkan pengunjung ke website anda secara slow but sure, pelan tetapi pasti, jika caranya benar. Salah-salah Website Anda juga bisa terdepak dari Search Engine.
SEO bisa Anda kerjakan sendiri, bisa juga dikerjakan orang lain, tanpa Anda sendiri melakukannya, Anda bisa membuat orang lain melakukannya untuk Anda, dengan suka rela.
Ketika Anda berhasil melakukan strategi SEO ini, baik melalui waktu dan tenaga Anda sendiri atau orang lain maka seperti diatas tadi, anda seperti punya karyawan yang setiap yaitu search engine tadi seperti Google, Yahoo dan sebagainya, untuk membantu Anda sukses dalam menjalankan internet marketing. Sudah banyak pemaininternet marketing Indonesia yang berhasil melakukannya.
Apa itu Search Engine?
Lantas Apa itu Search Engine? Search Engine adalah istilah yang digunakan untuk website tempat orang mencari (mesin pencari) seperti Google.com misalnya. Di Mesin Pencari seperti Google, ada ribuan bahkan orang mencari informasi dengan mengetikkan kata atau beberapa kata yang ingin mereka temukan informasi lebih detailnya.
Anda sudah sering mencari di Google? Jika belum, Anda bisa mencobanya dengan masuk ke website Google.com kemudian ketikkan “belajar bisnis” misalnya, maka ribuan index informasi akan Anda temukan, kemudian klik saja pada  judul-judul pada hasil pencarian tersebut untuk menuju ke halaman website yang membahas topik yang anda carai tadi dalam hal ini “belajar bisnis”.
Sekarang Anda sudah tau apa itu Search Engine. Search Engine atau mesin pencari ini juga ada yang spesifik untuk Indonesia, misalnya untuk Google adalah Google.co.id  sedangkan untuk Yahoo Indonesia adalah id.Yahoo.com. Pemain Internet MarketingIndonesia yang menarget pasar lokal seperti Indonesia akan mencoba untuk memenangkan persaingan di Local search engine tersebut, sedangkan pemaininternet marketing global akan menarget search engine global pula.
Demikianlah apa itu Search Engine (SE) atau mesin pencari.  Nah, kalau ditamah O menjadi SEO apa pula itu?
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Seach Engine Optimization. Artinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk meng-OPTIMALKAN website Anda dimata search engine tadi. Suatu website yang optimal di search engine akan menang dan berada di posisi atas hasil pencarian di search engine seperti Google tadi.  Kalau website Anda menang maka website Anda akan seperti diatas tadi. Jutaan orang mencari di Google misalnya, Website Anda ketemu terus,  Orang klik pada website anda yang ketemu tersebut, maka banyak pengunjung ke blog Anda.  Artinya search engine telah bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda, dengan setia, tanpa minta upah.  Anda mau begitu kan?. Jika Ya, maka Anda dapat mempelajari caranya.
Secara garis besar, kegiatan SEO ada 2:
Yang Pertama adalah mendesign website Anda Internally agar Search Engine friendly. Artinya website Anda harus didesign yang bersahabat dengan Google. Agar nanti website Anda disenangi search engine tersebut. Itu akan meliputi navigasi (menu) yang baik, selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, tidak juga terlalu banyak link yang berulang-ulang, website anda cepat loadingnya, Website Anda konsisten topiknya (kesesuaian antara Judul, Isi artikel, keywords dan description). Ini tidak sulit, bagi mereka yang sudah tau rahasianya.  Banyak sekali pemain internetmarketing Indonesia yang telah menguasai hal ini. Kegiatan yang pertama ini sifatnya internal di website Anda, karena itulah sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo (kegiatan di halaman-halaman yang anda buat di website anda).
Yang Kedua adalah kegiatan OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar website Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap website Anda sebagai “penting”.
Jika website anda sudah internallay didesign bersahabat dengan search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya blog lain yang membicarakan website Anda) maka Search engine akan MENAIKKAN posisi webiste Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah Anda buat diwebsite Anda. Misal orang mencari “belajar bisnis” dan topik tersebut ada di web Anda yang sudah SEO ready tadi maka website Anda akan berpotensi untuk berada di halaman-halaman depan hasil pencarian.
Di posisi berapa Anda akan berada? rangking satu, dua atau tiga? atau di halaman 2, 3, dsb? Tergantung seberapa optimal website Anda di mata search engine tadi. Tergantung juga seberapa banyak saingan website yang juga optimal seperti milik Anda. Siapa yang paling OPTIMAL dialah yang akan menjadi nomor satu.
Seperti Apa saja kegiatan diluar website (OFF-Page) optmization itu?
Kegiatan diluar website ini akan terkait erat dengan kegiatan promosi, yang membuat website Anda banyak dibicarakan di luar. Promosi ini ada 2 macam:
Yang pertama adalah oleh Anda sendiri, Anda yang membicarakan website anda di luar web yang ingin Anda SEO-kan tadi di website lain.  Misalnya dengan memasang website anda di iklan baris, web directory, atau dengan menulis di luar dan memasang link balik ke website Anda yang ingin diperjuangkan agar menang SEO tadi. Pemaininternet marketing Indonesia banyak sekali yang senang memasang iklan baris, tetapi lebih sedikit yang senang menulis.
Yang kedua adalah orang lain dengan suka rela membicarakan website Anda, karena website anda memang bagus dan orang lain merasa senang dengannya, jadi mereka tanpa disuruh membicarakan website anda, memasang link ke website anda.
Sebetulanya intinya adalah bagaimana agar banyak LINK yang menuju ke website Anda. Isilah untuk hal ini adalah bagaimana mendapatkan banyak BACKLINK. Jika Anda promosi diluar tentu anda akan membuat backlink ke website anda, atau orang lain yang membicarakannya maka mereka juga biasanya akan membuat backlink agar bisa masuk ke website Anda. Semakin banyak backlink (backlink yang berkualitas tentu saja) maka seperti semakin banyak pintu masuk ke website Anda.
Sudah websitenya internally didesign dengan standard SEO (On-Page SEO) atau SEO-ready, dan keren di mata manusia juga, plus website anda dibicarakan diluar dan menjadi buah bibir maka pastilah berarti website Anda PENTING. Search Engine seperti Google itu juga pintar, dia tau website anda dari website lain, karena search engine itu berkeluyuran juga ke website orang lain, bukan hanya ke website Anda saja. Nah, jika dia sering temukan web Anda maka search engine akan anggap website anda juga penting. Jika website Anda dianggap penting oleh search engine maka peringkatnya akan naik jika orang mencari sesuatu yang berhubungan dengan apa yang anda tuliskan di website Anda.
Coba saja misalnya orang Indonesia yang cantik, tetapi hanya di rumah saja, tidak menjadi sampul majalah, tidak pernah naik panggung, tidak ada fotonya tersebar, tidak kenal dan tidak dikenal oleh banyak orang, maka apakah mungkin pada posisi itu dia bisa menjadi ratu sejagad ? Demikian pula dengan website yang indah mempesona, namun hanya pemiliknya saja yang tau atau sebagian kecil saja dari teman-teman pemiliknya, maka website itu tidak akan dianggap penting oleh search engine, dengan demikian tidak pula website itu pada tahap ini dapat disebut sebagai Jagoan SEO. Setelah dia dikenal orang luar, dipuji dan disanjung, menjadi buah bibir, maka barulah website Anda akan PENTING dimata search engine.
Sekarang Anda sudah faham bagaimana 2 langkah utama untuk menang dalam persaingan di mesin pencari atau search engine yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO. 2 kegiatan besar itulah yang disatukan menjadi istilah SEO (Search Engine Optimization).
Apa yang harus dikerjakan sekarang untuk mempraktekkan ilmu SEO ini?
Yang pertama adalah buatlah website Anda sendiri, designlah agar SEO ready, dengan content yang menarik, dapat dipercaya, kalau bisa isi yang sensasional! agar menjadi buah bibir. hehe.. Jika Anda ingin membuat website dalam 5 menit saja, baca disini
Yang kedua adalah rajin-rajinlah mempromosikan website Anda. Boleh baca yang satu ini: Kuasailah Strategi Promosi. Atau berusahalah agar website Anda menjadi buah bibir, sehingga orang lain mempromosikan website Anda dengan suka rela.
Jika ilmu gratis yang saya posting ini belum cukup untuk Anda, maka sudah waktunya sekarang Anda belajar internet marketing dengan modul yang telah disusun sangat lengkap dan secara sangat detail, secara bertahap, yang bisa anda lakukan kapan saja Anda mau, dengan biaya terjangkau, oleh guru internet marketing kelas dunia. Ia mengajarkan Internet Marketing dalam bahasa Indonesia di Asian Brain Internet Marketing Indonesia disini:
Ambil Modul Pertama Internet Marketing Indonesia Gratis klik disini kemudian Langsung Mendaftar Full Member Sekolah Internet Marketing Indonesia AsianBrain klik disini
Apa setelah mampu membuat website Anda menang dalam persaingan SEO lantas Anda akan bisa meningkatkan penjualan?
Belum tentu!
SEO hanyalah suatu cara untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda melalui search engine seperti Google misalnya. Bagi search engine yang penting adalah  usaha OFF-Page Anda benar, seperti diatas tadi.
Google tidak membaca indahnya kalimat Anda atau sales letter yang meyakinkan atau manfaat dari apa yang Anda tulis. Search Engine mempunyai algoritma sendiri untuk menentukan optimal atau tidak website Anda di matanya. Jika ya (walaupun tulisan Anda tidak jelas mana subject mana predikat mana object, bahkan tidak dimengerti oleh manusia pun) tetap bisa optimal di mata search engine tadi. Yang penting kesesuaian antara keywords, description dan content serta banyak backlink ke website Anda. Anda (untuk sementara) memang bisa mengakali Search Engine dengan teknik black-hat-seo.
Contoh tindakan yang bisa dianggap search engine memanipulasinya seperti penggunaan keywords yang berlebihan yang tidak ada hubungan erat dengan content Anda, menuliskan keyword di dalam content secara berlebihan, melakukan link bombing,  dan sebagainya. Nanti saya bahas dalam artikel lainnya.
Nah, tentu saja, jika tulisan di website Anda hanya dimengerti oleh search engine saja dan tidak dapat dimengerti dengan baik oleh manusia, tidak menimbulkan niat orang untuk membeli,  orang tidak merasa content anda bermanfaat, maka walapun Anda menerima banyak pengunjung dari search engine maka pengunjung tadi tentu saja tak akan membeli.
Jadi, agar SEO anda menghasilkan penjualan dan uang, maka buatlah website anda bagus dimata search engine sehingga mendapat posisi yang baik, dan buatlah juga website anda menarik dan bermanfaat bagi manusia, website yang menjual, dengan produk atau jaya yang bermanfaat, yang memiliki nilai tambah, yang dapat dipercaya, yang memang banyak dicari.
Selain itu, jika Anda menulis di web Anda semata untuk tujuan bagus dimata search engine dengan cara memanipulasi content dan unsur-unsur SEO maka akan terjadi hal seperti berikut ini:
Seach engine tersebut juga terus menerus dikembangkan untuk mencari kecenderungan-kecenduran kecurangan oleh orang yang memanipulasi keywords, description dan content serta backlink yang semata untuk mencari posisi di search engine. Di balik search engine tersebut tentu saja ada orangnya, misalnya mereka yang menggembangkan software untuk robot SEO di Google.
Ketika Anda ketahuan membuat ulah untuk menanipulasi hasil search engine, maka website Anda bisa terdepak dari search engine, entahlah kapan.
Demikianlah pelajaran tentang SEO kali ini bersamaan dengan launchingnya blog ini, semoga bermanfaat untuk Anda.
Terimakasih banyak telah membaca, semoga sukses.

sumber : http://seobagus.com/search-engine-pengunjung-dan-penjualan.html/comment-page-1#comment-12

2 komentar: